Senin, 14 November 2011

Definisi Musik

Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:

Bunyi yang dianggap enak oleh pendengarnya

Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik


Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.

Musik menurut Aristoteles mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.

Aspek-aspek musik
Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang.

Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam: -Bunyi yang dianggap enak oleh pendengarnya -Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik.

Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.

Instrumen-instrumen musik
Alat musik tradisional


Alat musik petik: gitar, kecapi, sasando, banjo, ukulele, mandolin, harpa, gambus

Alat musik gesek: biola, rebab, cello

Alat musik ketuk: organ, piano, harpsichord

Alat musik tiup: seruling, terompet, trombone, harmonika, pianika, recorder sopran

Alat musik pukul: tamborin, jidor, rebana, gamelan

Alat musik modern: gitar listrik, organ, akordeon, drum


Aliran-aliran musik

Berikut adalah daftar aliran/genre utama dalam musik. Masing-masing genre terbagi lagi menjadi beberapa sub-genre. Pengkategorian musik seperti ini, meskipun terkadang merupakan hal yang subjektif, namun merupakan salah satu ilmu yang dipelajari dan ditetapkan oleh para ahli musik dunia.

Dalam beberapa dasawarsa terakhir, dunia musik mengalami banyak perkembangan. Banyak jenis musik baru yang lahir dan berkembang. Contohnya musik triphop yang merupakan perpaduan antara beat-beat elektronik dengan musik pop yang ringan dan enak didengar. Contoh musisi yang mengusung jenis musik ini adalah Frou Frou, Sneaker Pimps dan Lamb. Ada juga hip-hop rock yang diusung oleh Linkin Park. Belum lagi dance rock dan neo wave rock yang kini sedang in. banyak kelompok musik baru yang berkibar dengan jenis musik ini, antara lain Franz Ferdinand, Bloc Party, The Killers, The Bravery dan masih banyak lagi.

Bahkan sekarang banyak pula grup musik yang mengusung lagu berbahasa daerah dengan irama musik rock, jazz dan blues. Grup musik yang membawa aliran baru ini di Indonesia sudah cukup banyak salah satunya adalah Funk de Java yang mengusung lagu berbahasa Jawa dalam musik rock.


Musik klasik

Musik rakyat/tradisional

Musik keagamaan

Gambus

Kasidah

Blues

Jazz

Country

Rock

Musik populer

Musik dunia




Keyboard

Salah satu perangkat teknologi yg paling byk digunakan dlm musik populer adalah instrumen keyboard. Instrumen itu memiliki tuts atau kunci jujur.Instrumen ini masuk ke Indonesia sdh sejak lama.

Beberapa instrumen tipe keyboard yg masuk melalui jalur pendidikan dan penyebaran agama tertentu antara lain piano dan orgel.Sementara itu,yg masuk melalui jalur seni pertunjukan,antara lain akordeon dan haronium.Instrumen ini memberi warna dlm musik orkes melayu dan -
ghzal dikawasan selat malaka,zamrah di betawi,dan gamat di Sumatra Barat.

Perkembangan teknologi di bidang alat musik telah menghasilkan KEYBOARD ELEKTRIK. Alat musik itu kemudian menjadi bagian penting dalam perkembangan musik dunia. Dalam pertunjukan musik di Indonesia, KEYBOARD adalah alat musik favorit. Pertunjukannya yang biasa orang sebut ORGAN TUNGGAL, padahal sebetulnya bukan organ tunggal, melainkan KEYBOARD TUNGGAL.

Alat musik ini memberi warna khas, termasuk pada musik pop daerah, seperti campursari, kendang kempul di jawa, gendang keyboard di Karo, keyboard "mak-lampir" di pantai Sumatera utara dan yang terakhir CANDOLENG-DOLENG di SULAWESI SELATAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar