Senin, 14 November 2011

Musik Samrah

Mungkin teman2 kenal musik ini..

Musik samrah adalah salah satu musik betawi yang dipengaruhi budaya Islam dan Melayu. Musik samrah di sebut juga orkes harmonium karena harmonium menjadi alat musik utama selain biola, ketipung, gitar, dan rebana.


Kata SAMRAH singkatan dari kata SAMBIL MUSYAWARAH. Kata ini digunakan sebagai nama musik Betawi karena daerah Betawi merupakan tempat berkumpulnya berbagai suku, seperti suku Melayu, suku dari pulau Sumatera, Kalimantan, dan daerah lainnya.




Musik Daerah dan Musik Klasik

Budaya daerah2 Indonesia sangat beragam, termasuk seni musiknya.Seni musik daerah biasanya merupakan bagian dari adat dan upacara2 tradisi setempat. Sehingga tiap daerah memiliki musik yg khas. Karena cirinya berbeda antara daerah, musik tradisi ini disebut juga musik daerah.

Menurut sifat keberasalannya musik tradisi daerah di bagi menjadi 2 yaitu:

Musik Rakyat

Musik Klasik



Musik rakyat adalah merupakan musikyg lahir dan di olah oleh masyarakat pedesaan, hidup dan berkembang di tengah2 rakyat,disukai rakyat biasa, dan tersebar sampai ke rakyat jelata.Musik rakyat merupakan perwujudan hidup rakyat.kehidupan dan hubungan mereka
yg akrab terlihat dlm lagu2 dan musiknya yg seringkali meriah dan melibatkan orang byk dalam pertunjukannya. Ciri utama musik rakyat
memiliki bentuk dan tehnik yg sederhana serta tidak dikenal siapa penciptanya (NN= no name)contoh musik rakyat misalnya musik untuk pernikahan, kematian, berladang, menenun, dsb.

Musik tradisional klasik merupakan musik rakyat pilihan yg di kembangkan di pusat2 pemerintahan masyarakat lama seperti ibu kota kerajaan atau kesultanan. Seni tradisional klasik memiliki pembawaan yg lebih agung di banding seni kerakyatan.
Msik ini merupakan musik ciptaan komponis serta telah tertata dgn aturan2 yg baku.Seperti,pemakaian notasi,syair,penggayaan vocal(cengkok),dan ritme.Instrumen yg didasarkan pada konsep tertentu menurut gaya suatu daerah.Gaya inilahyg membedakan .
Misalnya gamelan jawa dan bali atau sunda,musik daerah batak karo dan Mandailing.




Mengapa Kita Perlu Belajar Musik?

Belajar/kursus musik – entah itu memainkan instrumen ataupun menyanyi – adalah proses seumur hidup. Namun anda tidak akan pernah menyesal melakukannya. Mengapa?


1. Bermusik meningkatkan kecerdasan anda
Berbagai studi yang mempelajari dampak musik terhadap otak manusia membuktikan bahwa siswa yang aktif bermusik memiliki prestasi yang relatif lebih baik di sekolah dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang tidak belajar musik. Para peneliti mengatakan bahwa bermusik meningkatkan IQ, kemampuan baca anak serta merangsang perkembangan bagian-bagian tertentu dari otak. Bagi orang dewasa, bermusik membantu meningkatkan kewaspadaan dan membuat otak lebih aktif sehingga memperbaiki daya ingat.

2. Belajar musik mengajarkan disiplin
Belajar atau kursus musik – khususnya bermain alat musik – merupakan sebuah proses tak berkesudahan. Salah satu kualitas musisi yang berhasil adalah kedisiplinan. Anda perlu memiliki sikap disiplin untuk bisa menguasai alat musik yang anda pelajari. Bukankah modal utama menjadi musisi handal adalah latihan, latihan dan latihan ?

3. Memainkan Alat Musik Mengusir Rasa Stress
Kita semua pasti sependapat bahwa “mendengarkan” suara musik mampu mengusir rasa stress dan penat. Nah, “memainkannya” berdampak lebih dari itu: ia mampu menciptakan kebahagiaan, bahkan mampu menenangkan jiwa dan pikiran anda !!!

4. Bemusik menciptakan Kebanggaan dalam Berprestasi
Saat kita baru mulai belajar musik – atau katakanlah belajar memainkan lagu – bisa jadi dapat membuat frustasi. Namun saat kita menguasainya, kepuasan yang dirasakan tak ternilai harganya. Tidak perduli betapapun sederhananya sebuah lagu, anda tidak akan melupakan saat-saat anda menguasainya: sebuah momen penting karena Anda telah maju selangkah dalam mencapai tujuan anda, dan tentunya suatu prestasi yang patut dibanggakan bukan?

5. Bermusik itu Menyenangkan !!
Belajar musik memang butuh kerja ekstra keras, namun sekaligus juga menyenangkan. Bayangkan kegembiraan saat anda berhasil menguasai sebuah lagu tertentu dan mendemonstrasikannya didepan teman-teman dan keluarga anda. Atau, mungkin musik bahkan bisa menuadi profesi anda? Menjadi profesi atau tidak, bermusik jelas akan memperkaya hidup anda !!!




Nama dan Asal Musik Populer Internasional


BEGUINE..................MARTINIQUE

BHANGRA...........................INDIA

BLUE GRASS..............AS

BLUES.......................AS

BOSSANOVA...............BRAZIL

CAI LUONG.................VIETNAM

CANTO POP.................CINA

CHAHCA......................CUBA

CHICANO...................MEXICO

COMPASS.................HAITI

COUNTRY..................AS

FADO.......................PORTUGIS

FLAMENCO...............SPANYOL

FUJI.........................NIGERIA

FUNK.......................AS

GHASAL ..................MALAYSIA

GRUNGE..................AS

HEAVI METAL...........AS

HIGHLIFE.................GHANA

HIP POP...................AS

JAZZ.........................AS

JIT........ZIMBWABE

JUJU......NIGERIA

KAYAKYOKU.....JEPANG

LUK THUNG....THAILAND

MAHFIL.....INDIA

MAKOSSA........KAMERUN

MAMBO.........CUBA

MANDING.......MALI

MARDOUM.......SUDAN

MARIACHI.........MEXICO

MASMOUDI.........MESIR

MATSOUM.......MESIR

MBUBE......AFRICA SELATAN

MERENCEGUE.....DOMINIKA

MIZRAHI........ISRAEL

MOR LAM SING......THAILAND

POLKA ....JERMAN

QAWALLI...PAKISTAN

R&B.........AS

REGGAE......JAMAICA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar