Minggu, 13 November 2011

Asal-Usul Notasi Musik

Sebagai musisi, anda pasti mengenal apa itu "NOTASI" tetapi tahukah anda sejak kapan dipakai untuk menuliskan sebuah lagu?

Di Ugarit, Syria ditemukan beberapa tulisan persegi (dari th 1400 sM) yang menyanyikan lagu2 dalam bhs Huri, disertai sejenis notasi, tetapi tidak berhasil untuk di tiru atau di nyanyikan ulang. Begitu juga tidak ada kepastian apakah bangsa Ibrani mempunyai suatu sistem notasi, memang telah di usahakan untuk menafsirkan tanda-tanda tekanan suara dari naskah Ibrani, sebagai bentuk notasi, tetapi ternyata tidak berhasil, sebab tanda-tanda tekanan suara itu lebih diperuntukan untuk mengucapkan daripada untuk musik, disamping itu tanda2 tersebut merupakan tambahan yang dibuat dari karya aslinya. Dengan tidak adanya notasi musik yang dibakukan ataupun yang bisa ditulis, kita tidak akan bisa menyebar luaskan satu karya musik ataupun mewariskannya ke generasi penerus. Karena adanya notasi musik inilah, maka hingga saat ini kita masih bisa tetap menikmati hasil karya dari Bach, Mozart maupun Beethoven.

Siapa sebenarnya pencetus ide dari notasi musik barat modern seperti yang kita kenal sekarang ini? Pada abad ke sebelas (995-1050) seorang rahib dari ordo Benediktin yang bernama Guido dari Arezzo berusaha mengajarkan kepada siswa-siswinya untuk menghafal nada2 dari c-d-e-f-g-a. Karena ia sudah hafal dan sudah akrab di telinganya dengan "Ut Queant Laxis", lagu Nasrani tentang Yohanes, maka ia menciptakan alat mnemonis: UT-queant laxis RE-sonare fibris MI-re gestorum FA-muli tuorum SOL-ve pollutis LA-biis reatum Sancte Iohannes Suku kata asli dari kata2 ke enam ungkapan ini telah bisa dijadikan nama nada: ut, te, mi, fa, sol, la. Hingga saat ini kita masih menggunakan sistem ini, hanya untuk kata UT telah dirobah menjadi DO dan setelah La masih ada tambahan Si. Guido dari Arezzo inilah yang membebaskan ketergantungan manusia pada abad sebelumnya daripada tradisi oral yang turun menurun diwariskan. Karena adanya nada notasi musik inilah maka umat manusia sekarang ini bisa memiliki harta simpanan yang sangat besar berupa ratusan ribu karya musik mulai dari karya musik yang berat, sampai ke lagu2 yang sederhana sampai dengan simfoni2 yang rumit. Melalui notasi ini pulalah, musik mulai bisa ditulis dan diajarkan dari lembaran musik, teori musik pun bisa diikuti melalui notasi dengan mana lebih mudah untuk mempelajari sebuah lagu maupun instrumen dari musik, dan mulai saat itu pula polifoni (lebih dari satu irama yang bisa dimainkan bersamaan) begitu juga dengan menciptakan keharmonian dalam nada musik maupun lagu. Dari sekolah Notre Dame di Paris terciptakan motet. Motet adalah awal harmoni empat bagian soprano, alto, tenor dan bas.

John C Hatton yang hidup diabad ke 18 tepatnya pada tahun 1793 telah menciptakan satu melodi yang lebih dikenal dengan nama "Duke Street", berdasarkan nama jalan tempat dimana ia tinggal di St Helen, Inggris.




Pengaruh Musik Terhadap Perkembangan Anak

Seorang anak yang sejak kecil terbiasa mendengarkan musik akan mempunyai kecerdasan emosional dan intelegensi yang lebih berkembang dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik. Yang dimaksud musik di sini adalah musik yang memiliki irama teratur dan nada-nada yang teratur, bukan nada-nada "miring". Tingkat kedisiplinan anak yang sering mendengarkan musik juga lebih baik dibanding dengan anak yang jarang mendengarkan musik.

Penelitian membuktikan bahwa musik sangat mempengaruhi perkembangan IQ (Inteligent Quotien) dan EQ (Emotional Quotien).
Grace Sudargo, seorang musisi dan pendidik mengatakan, "Dasar-dasar musik secara umum berasal dari ritme denyut nadi manusia sehingga ia berperan besar dalam perkembangan otak, pembentukan jiwa, karakter, dan bahkan raga manusia."

Penelitian menunjukkan, musik yang mengandung komposisi nada berfluktuasi antara nada tinggi dan nada rendah akan merangsang kuadran C pada otak. Sampai usia 4 tahun, kuadran B dan C pada otak anak-anak akan berkembang hingga 80% dengan musik.

"Musik sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Musik sendiri memiliki 3 bagian penting yaitu beat, ritme, dan harmony," demikian pendapat Ev. Andreas Christanday dalam suatu ceramah musik. "Beat mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmony mempengaruhi roh." Contoh paling nyata bahwa beat sangat mempengaruhi tubuh adalah dalam konser musik rock. Bisa dipastikan tidak ada penonton maupun pemain dalam konser musik rock yang tubuhnya tidak bergerak. Semuanya bergoyang dengan dahsyat, bahkan cenderung lepas kontrol. Kita masih ingat dengan istilah "head bang", yakni suatu gerakan memutar-mutar kepala mengikuti irama music rock yang kencang. Dan tubuh itu mengikutinya seakan tanpa rasa lelah. Jika hati kita sedang susah, cobalah mendengarkan musik yang indah, yang memiliki irama (ritme) yang teratur. Perasaan kita akan lebih enak dan enteng. Bahkan di luar negeri, pihak rumah sakit banyak memperdengarkan lagu-lagu indah untuk membantu penyembuhan para pasiennya. Itu suatu bukti, bahwa ritme sangat mempengaruhi jiwa manusia. Sedangkan harmony sangat mempengaruhi roh. Jika kita menonton film horor, selalu terdengar harmony (melodi) yang menyayat hati, yang membuat bulu kuduk kita berdiri. Dalam ritual-ritual keagamaan juga banyak digunakan harmony yang membawa roh manusia masuk ke dalam alam penyembahan. Di dalam meditasi, manusia mendengar harmony dari suara-suara alam di sekelilingnya. "Musik yang baik bagi kehidupan manusia adalah musik yang seimbang antara beat, ritme, dan harmony," ujar Ev. Andreas

Alam semesta tercipta dengan musik alam yang sangat indah. Gemuruh ombak di laut, deru angin di gunung, dan rintik hujan merupakan musik alam yang sangat indah. Dan sudah terbukti, bagaimana pengaruh musik alam itu bagi kehidupan manusia.

Wulaningrum Wibisono, S.Psi. mengatakan, "Jikalau Anda
merasakan hari ini begitu berat, coba periksa lagi hidup Anda pada hari ini. Jangan-jangan Anda belum mendengarkan musik dan bernyanyi."

Definisi Seni

Kita sering mendengar dan memakai istilah seni, namun apakah kita benar-benar memahami definisi seni? Berikut kita lihat beberapa definisi seni menurut beberapa ahli.

1. Matius Ali dalam Estetika, Sebuah Pengantar Filsafat Keindahan, membagi seni dalam 3 kategori, yaitu:
a. Teori Mimesis yang disampaikan oleh para filsuf Yunani Kuno seperti Plato dan Aristoteles, menurut teori ini, seni adalah tiruan atau menirukan alam
b. Teori Ekspresi Seni Modern, Seni adalah ungkapan emosi atau ungkapan perasaan seniman
c. Teori Cita Rasa, seni bukanlah keindahan, tetapi merupakan pengalaman atau perasaan seseorang

2. Kamus Besar Bahasa Indonesia,
a. Seni diartikan halus, kecil dan halus, tipis, lembut dan enak didengar, mungil dan elok.
b. Keahlian membuat karya bermutu (dilihat dari segi keindahan dan kehalusannya)
c. kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi

3. Ki Hajar Dewantara, seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah sehinga dapat menggerakkan jiwanya.




Peraturan Pemerintah untuk Lagu Kebangsaan Indonesia Raya

Salah satu pertanyaan yang sering saya dapatkan tentang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya adalah, “bolehkah lagu Indonesia Raya dinyanyikan dengan iringan?”. Jawaban dari pertanyaan itu bisa “boleh” dan “tidak boleh”.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya adalah merupakan salah satu lambang kedaulatan negara Indonesia selain bendera Merah-Putih dan Burung Garuda. Oleh karena itu, dalam penggunaannya haruslah diatur agar kehormatan terhadap lagu kebangsaan tetap terjaga.

Peraturan pemerintah nomor 44 tahun 1958, mengatur tentang penggunaan lagu kebangsaan Indonesia Raya, di lampiran dari PP tersebut ada notasi musik untuk memainkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, meliputi:

1. Notasi untuk orkes simponi

2. Notasi untuk orkes fanfare

3. Notasi untuk orkes harmoni

4. Notasi untuk iringan piano

Dengan demikian, lagu Indonesia Raya boleh dinyanyikan dengan menggunakan iringan seperti yang tertulis dalam lampiran PP no 44/58 tersebut, dan tidak boleh menggunakan iringan yang berbeda dari lampiran PP 44/58 yang ada.




Manfaat Bermain Musik


Apa yang membuat kita lebih mudah menghafal syair-syair lagu dibanding dengan materi pelajaran sekolah? Jawabannya adalah ketika kita menghafal materi pelajaran sekolah, kita memakai otak kanan kita. Otak kanan ini sudah kita pakai sejak kita lahir hingga kita kuliah bahkan selama kita hidup. Sedangkan ketika kita bernyanyi atau bermain musik kita memakai otak kiri. Jadi ketika kita menghafal syair-syair lagu, pada umumnya kita tidak menghafalkannya seperti kita menghafal bahan ujian sekolah tetapi kita menghafalnya sambil kita bernyanyi. Jadi ketika menghafal syair sebuah lagu, di sana kita telah menggunakan kedua bagian otak kita.

Disamping pengaruh positif di atas, musik juga bisa memberikan pengaruh positif terhadap kepribadian seorang anak. Belajar musik bisa membangun rasa percaya diri anak. Kita ambil sebagai contoh seorang yang sedang belajar piano. Jika ia terus belajar piano hingga mahir maka rasa percaya diri yang tinggi dan mental yang kuat akan terbentuk dengan sendirinya meskipun tadinya ia seorang pemalu. Kenapa demikian? Karena selama belajar piano ia dituntut untuk mencapai standar tertentu, dimana ia harus belajar mengalahkan segala rintangan dan kelemahannya.




Sejarah Musik Jazz

Pada awalnya tradisi Jazz berkembang dari gaya masyarakat kulit hitam atau negro di Amerika yang terpengaruh dari Blues, Gospel, Tribal drum dan Fieldholler (teriakan peladang). Asal kata Jazz berasal dari istilah “vulgar” yang digunakan untuk aksi seksual. Kata Jazz juga pernah di identikan dengan rumah-rumah bordir dan wanita2 desa yg memiliki reputasi kurang baik.. ckckckck...

Legenda Jazz di mulai dari di New Orleans terus berkembang di Missisipi, Memphis, St Louis sampai ke Chicago. Salah satu Legenda Jazz yang dipercaya adalah seorang pemilik kedai cukur rambut di New Orleans bernama Buddy Bolden meniup cornet (sejenis terompet kata Onti) dan saat itulah musik Jazz di mengerti sebagai gebrakan di dalam dunia musik. Setengah abad kemudian musik Jazz memberikan kontribusi,dipelajari di Universitas,dan menjadi genre yg di perhitungkan.

Pada tahun 1920-an musik Jazz menyebar ke hampir ke seluruh Amerika, semakin marak lagi di era swing pada akhir 1930-an, dan mencapai puncaknya di tahun 1950-an sebagai Jazz modern. Pada awalnya perkembangan musik Jazz di kategorikan sebagai sebuah musik tradisi yang mewakili ekspresi dan culture masyarakat kulit hitam di Amerika Serikat yang terdiskriminasi. Munculnya aliran Swing di tahun 1930-an yang di tandai dengan munculnya Bigband Jazz, yang dapat dilihat sebagai sebuah Orkestrasi ala klasik Eropa yang di aplikasi di Jazz. Tapi tetap mempertahankan ciri-ciri pokoknya seperti Improvisasi, Singkopisasi dan Blue Note. Membuat pandangan baru yang tidak lagi di anggap musik barbar karena identik dengan kulit hitam. Dengan irama swingnya Jazz telah menjadi musik populer yang mulai menyebar kebelahan dunia lain seperti Eropa dan Asia, beberapa bahkan menjadi soundtrack film, seperti komposisi dari Duke Ellington dan Cole porter yang merupakan lagu yang popular pada zamannya.

Perkembangan musik Jazz yang semakin mengarah pada musik hiburan menimbulkan reaksi di kalangan musisi Jazz kulit hitam, diantaranya Charli Parker dan Dizzy Gillespie yang lantas memperkenalkan Bebop pada akhir decade 1940-an. Yang bisa dibilang sebagai revolusi musik Jazz, karena memiliki spirit baru yang bisa mengembalikan Jazz pada hakikatnya sebagai musik dan seni kaum Negro. Yang ditandai dengan munculnya formasi band secara minimalis, yang menambah luasnya ruang bagi improvisasi solo masing-masing pemain. Semenjak revolusi bebop jazz cenderung ekslusif dari pada sebelumnya dan agak terpisah dari musik lainnya. Dalam bebop musisi Jazz dapat melakukan eksplorasi baru yang mengadapatasi dari musik-musik yang dianggap dapat memperkaya Jazz. Tanpa Bebop saat ini mungkin tidak ada Jazz Fusion, Avant Garde atau World Music yang mengeksplorasi musik-musik etnis dunia. Lalu muncul beberapa variasi seperti Hardbop, cool jazz dll yang menjadi mainstream dan pusat perkembangan Jazz dunia saat ini.

Musik popular seperti rock dan pop juga tak lepas dari musik Jazz. Karena pada dasarnya Jazz dan Rock tumbuh dari akar yang sama yaitu Blues. Banyak lagu-lagu The Beatles yang di bawakan oleh musisi Jazz, seperti Blackbird yang dibawakan Jaco Pastorius sampai Norwegian Wood yang di bawakan oleh Victor Wooten. Aliran-aliran baru pun mulai banyak diadopsi musisi Jazz dan Musisi Pop dan Rock, yang sampai sekitar tahun 1980-an berbagai aliran baru ini di beri nama Adult Contemporary. Musik-musik yang dapat di kategorikan Adult Contemporary ini meliputi Fusion yang lahir di decade 1960-an yang di kembangkan oleh Miles Davis yang mengadopsi unsur Rock dan soul RnB, yang dilanjutkan oleh musisi sukses Chick Corea yang mempopulerkan instrument elektronisdalam Jazz, sehingga Fusion kemudian identik dengan Elektronis yang berkembang sampai sekarang. Fusion awalnya masih cukup sarat dengan improvisasi Jazz sampai kemudian banyak pula yang menyederhanakan komposisinya untuk lebih menarik selera pasar. Jenis yang lebih sederhana ini lebih dikenal dengan istilah Smooth Jazz. Satu lagi yang di kategorikan Adult Contemporary adalah Jazzy yang berarti agak-agak bernuansa ngeJazz. Yang di adopsi oleh musik Pop, umumnya pada progresi chord maupun rhythem yang ada di musik Jazz. Salah satu varian Jazzy yang popular sekarang adalah Acid Jazz yang merupakan hasil ulah para DJ yang meramu musik Jazz dengan Hiphop dan Funk dalam komposisinya. Seperti Brand New Heavis dan Incognito.

Musik Jazz sekarang telah berkembang. Pada dasarnya Jazz menawarkan bermacam eksplorasi-eksplorasi musikal yang dapat di kembangkan lebih jauh lagi. Tapi Jazz tidak melulu identik dengan kerumitan patern-patern, Scale dan lick-lick yang harus sangat di pelajari di pendidikan musik formal, karena pada sejarahnya Jazz dimainkan oleh kaum negro yang terdiskriminasi di jamannya atau bisa dibilang budak-budak yang tidak pernah tahu cara membaca partitur, bahkan mungkin huruf abjad pun mereka tidak bisa membacanya. Lalu, kenapa kita harus pusing-pusing memikirkan harus bagaimana memainkan musik Jazz? Cukup dengarkan dan rasakan Jazz itu and then play with your soul and imagination.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar